Terima Kasih Sudah Berkunjung Ke BLOG Saya
Mohon Tinggalkan Komentar & Silahkan Ikuti BLOG Saya.

Konsep Warna RGB

Diposting oleh catatan yure on Kamis, 29 November 2012

 
Kali ini catatan yure lagi pengen membuar artikel mengenai konsep warna RGB.Masih banyak orang yang tidak mengetahui apa itu warna RGB.Secara garis besar RGB adalah singkatan dari nama warna yaitu merah (Red), hijau (Green), dan biru (Blue), yang ditambahkan dengan berbagai cara untuk menghasilkan bermacam-macam warna.Namun masih banyak yang belum memikirkan makna dari RGB itu sendiri.Nah untuk itu kali ini Catatan Yure ingin meluruskan Konsep Warna RGB tersebut.

Sedikit ulasan dulu sebenarnya Catatan Yure belum tentu sempurna mempublikasikan tentang Warna RGB itu sendiri.Namun,yang namanya juga belajar tentu harus dilatih dulu baru bisa mencapai kesuksesan yang baik.Baik langsung saja kita mulai.

A. Apa Itu Warna RGB 

Model warna RGB adalah model warna berdasarkan konsep penambahan kuat cahaya primer yaitu Red, Green dan Blue.Dalam suatu ruang yang sama sekali tidak ada cahaya, maka ruangan tersebut adalah gelap total. Tidak ada signal gelombang cahaya yang diserap oleh mata kita atau RGB (0,0,0). Apabila kita menambahkan cahaya merah pada ruangan tersebut, maka ruangan akan berubah warna menjadi merah misalnya RGB (255,0,0), semua benda dalam ruangan tersebut hanya dapat terlihat berwarna merah. Demikian apabila cahaya kita ganti dengan hijau atau biru.

Seperti kita tahu bahwa RGB atau Red, Green, Blue merupakan sistem pewarnaan untuk digital appearance dan banyak sekali digunakan untuk monitor komputer, video, layar ponsel dll. Sistem warna RGB terdiri dari 100% Red, 100% Green dan 100% Blue yang menghasilan 100 % putih. Tidak ada hitam di RGB.  

Apabila kita melanjutkan percobaan memberikan 2 macam cahaya primer dalam ruangan tersebut seperti (merah dan hijau), atau (merah dan biru) atau (hijau dan biru), maka ruangan akan berubah warna masing-masing menjadi kuning, atau magenta atau cyan. Warna-warna yang dibentuk oleh kombinasi dua macam cahaya tersebut disebut warna sekunder.

Gambar di atas adalah kombinasi warna RGB

RGB merupakan model warna yang bergantung kepada peranti: peranti yang berbeda akan mengenali atau menghasilkan nilai RGB yang berbeda, karena elemen warna (seperti fosfor atau pewarna) bervariasi dari satu pabrik ke pabrik, bahkan pada satu peranti setelah waktu yang lama.

Model warna ini merupakan model warna yang paling sering dipakai. Contoh alat yang memakai mode warna ini yaitu TV, kamera, pemindai, komputer, dan kamera digital.
Kelebihan model warna ini adalah gambar mudah disalin / dipindah ke alat lain tanpa harus di-convert ke mode warna lain, karena cukup banyak peralatan yang memakai mode warna ini. Kelemahannya adalah tidak bisa dicetak sempurna dengan printer, karena printer menggunakan mode warna CMYK, sehingga harus diubah terlebih dahulu.
RGB merupakan model warna aditif, yaitu ketiga berkas cahaya yang ditambahkan bersama-sama, dengan menambahkan panjang gelombang, untuk membuat spektrum warna akhir.

Warna Tersier adalah warna yang hanya dapat terlihat apabila ada tiga cahaya primer, jadi apabila kita non-aktifkan salah satu cahaya, maka benda tersebut berubah warna. Contoh warna tersier seperti abu-abu, putih.Pada perhitungan dalam program-program komputer model warna direpresentasi dengan nilai komponennya, seperti dalam RGB (r, g, b) masing-masing nilai antara 0 hingga 255 sesuai dengan urusan masing-masing yaitu pertama Red, kedua Green dan ketigha adalah nilai Blue dengan demikian masing-masing komponen ada 256 tingkat. Apabila dikombinasikan maka ada 256 x 256 x 256 atau 16.777.216 kombinasi warna RGB yang dapat dibentuk.

Dalam mendesign web warna RGB kerapkali direpresentasikan dengan Hex Triplet atau kombinasi 2 pasang bilangan hexadecimal, seperti #FF5D25 artinya Red = FF atau 15*16 + 15 = 255, Green = 5D atau 5*16 + 13 = 93 dan Blue = 25 atau 2*16 + 5 = 37. Jadi RGB (255,93,37)

Color Hexadecimal Color Hexadecimal Color Hexadecimal Color Hexadecimal
aqua #00FFFF green #008000 navy #000080 silver #C0C0C0
black #000000 gray #808080 olive #808000 teal #008080
blue #0000FF lime #00FF00 purple #800080 white #FFFFFF
fuchsia #FF00FF maroon #800000 red #FF0000 yellow #FFFF00


Konsep Model Warna RGB kita jumpai di peralatan seperti:
- Televisi
- Camera Foto
- Pemindai Warna

B. Piranti RGB

Salah satu aplikasi dari model warna RGB adalah penampil warna pada tabung sinar katoda (CRT), penampil kristal cair (LCD), tampilan plasma, atau organic light emitting diode (OLED) seperti televisi, monitor komputer, atau layar lebar.

C. Format Warna RGB vs CMYK

1. CMYK ( Cyan Magenta Yellow Black )

atau warna Primer Subtraktif, warna ini dikenal sebagai warna Separasi /four color separation yang digunakan untuk print, dimana warna-warna tersebut biasa digunakan untuk keperluan cetak pada berbagai media keras seperti untuk pembuatan Brosur, Buku, Majalah, Cover CD, Print T-Shirt dll…
Media yang menggunakan pantulan cahaya untuk untuk meghasilkan warna memakai metode campuran warna subtraktif. Dalam industri percetakan, untuk menghasilkan warna bervariasi, diterapkan pemakaian warna primer subtraktif: magenta, kuning dan cyan dalam ukuran yang bermacam-macam.
Campuran kuning dan cyan menghasilkan nuansa warna hijau; campuran kuning dengan magenta menghasilkan nuansa warna merah, sedangkan campuran magenta dengan cyan menhasilkan nuansa biru. Dalam teori, campuran tiga pigmen ini dalam ukuran yang seimbang akan menghasilkan nuansa warna kelabu, dan akan menjadi hitam jika ketiganya disaturasikan secara penuh, tetapi dalam praktek hasilnya cenderung menjadi warna kotor kecoklatan. Oleh karena itu, seringkali dipakai warna keempat, yaitu hitam, sebagai tambahan dari cyan, magenta dan kuning. Ruang warna yang dihasilkan lantas disebut dengan CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Black). Hitam disebut dengan “K” (key) dari istilah “key plate” dalam percetakan (plat cetak yang menciptakan detail artistik pada gambar, biasanya menggunakan warna tinta hitam).

*Supaya hasil yang kita lihat di monitor sama dengan hasil print maka harus di adjust dahulu monitornya misal dengan menggunakan adobe gama.

2. RGB ( Red Green Blue )

RGB atau Warna Additif, warna ini biasanya digunakan oleh monitor computer/TV. Warna yang dihasilkan berasal dari kombinasi 3 warna tersebut dan masing-masing memiliki nilai 8 bit merah, 8 bit hijau dan 8 bit untuk biru.
Alat/media yang menggabungkan pancaran cahaya untuk menciptakan sensasi warna menggunakan sistem warna additif. Televisi adalah yang paling umum. Warna primer additif adalah merah, hijau dan biru. Campuran warna cahaya merah dan hijau, menghasilkan nuansa warna kuning atau orange. Campuran hijau dan biru menghasilkan nuansa cyan, sedangkan campuran merah dan biru menhasilkan nuansa ungu dan magenta. Campuran dengan proporsi seimbang dari warna additif primer menghasilkan nuansa warna kelabu; jika ketiga warna ini disaturasikan penuh, maka hasilnya adalah warna putih. Ruang warna/model warna yang dihasilkan disebut dengan RGB (red, green, blue).

D. Kesimpulan

Singkatan dari Red-Green-Blue. Tiga warna yang di jadikan Patokan warna secara universal (primary Colors). Dengan basis RGB, seorang desainer grafis bisa mengubah warna ke dalam kode-kode angka sehingga warna tersebut akan tampil universal. Contohnya seorang desainer grafis tidak bisa mengatakan sebuah warna berdasarkan pertimbangan subyektif, misalnya: biru muda menurut orang awam adalah biru nya langit disiang yang cerah, hal ini bisa jadi berbeda bagi orang lain dengan pertimbangan yang lain pula. Untuk menyamakan persepsi dalam definisi warna, perlu adanya standar internasional dalam konteks Kerja professional. Dengan standar RGB, seorang desainer dapat mengatakan warna dengan komposisi angka yang jelas. Warna biru mempunyai komposisi perpaduan antara unsur Red, Green, Blue, dengan derajat angka untuk R: 115-G: 221-B: 240. Selain basis RGB, juga ada basis CMYK. 

Nah,itulah Konsep dari Warna RGB.Semoga saja konsep RGB ini bisa bermanfaat bagi kita semua dan dapat menjadi patokan dalam penggunaan warna.Terima kasih telah berkunjung di Blog Catatan Yure.Semoga Kunjungan anda disini  berkesan.AMIN

More aboutKonsep Warna RGB

Tutorial J - Query

Diposting oleh catatan yure on Rabu, 28 November 2012

jQuery adalah javascript library, jQuery mempunyai semboyan “write less, do more”. jQuery dirancang untuk memperingkas kode-kode javascript. JQuery adalah javascript library yang cepat dan ringan untuk menangani dokumen HTML, menangani event, membuat animasi dan interakasi ajax. JQuery dirancang untuk mengubah cara anda menulis javascript.
 
Sebelum anda memulai mempelajari jQuery, anda harus mempunyai pengetahuan dasar mengenai HTML, CSS dan Javascript.
 
Library jQuery mempunyai kemampuan :

• Kemudahan mengakses elemen-elemen HTML
• Memanipulasi elemen HTML
• Memanipulasi CSS
• Penanganan event HTML
• Efek-efek javascript dan animasi
• Modifikasi HTML DOM
• AJAX
• Menyederhanakan kode javascript lainnya

Kemudian untuk memulai mempelajari jQuery, anda harus mendownload jquery.js dari situs http://www.jquery.com. Setiap anda menulis kode javascript dengan menggunakan jquery, jangan lupa untuk memasukan file jquery.js kedalam kode javascript anda.

<script type="text/javascript" src="jquery.js"></script>

1. Sintaks jQuery

Sintaks jquery biasanya dibuat untuk memilih elemen-elemen HTML dan melakukan aksi terhadap elemen yang dipilih.

Sintaks :

$(selector).action()

• Tanda dollar, untuk mendefinisikan jQuery
• (selector), untuk menunjukkan elemen yang dipilih atau dituju
• action(), adalah jQuery action yang akan dilakukan terhadap elemen yang dipilih.

Contoh :

$(this).hide() – menyembunyikan elemen saat ini
$("p").hide() – menyembunyikan semua paragraf atau konten dari tag <p>
$(".test").hide() – menyembunyikan elemen yang mempunya class="test"
$("#test").show() – menampilkan elemen yang mempunyai id="test"

Karena hampir segala sesuatu yang kita lakukan bila menggunakan jQuery membaca atau memanipulasi document object model (DOM), kita perlu memastikan bahwa kita mulai menambahkan event segera setelah DOM siap.

Untuk melakukan hal ini, kita menambahkan kode ready event untuk dokumen. 
 
$(document).ready(function(){
//kode anda di sini
});

Kode di atas berarti kita ingin kode dijalankan apabila halaman HTML telah di-load semuanya. Atau dengan kode javascript biasanya seperti ini :

window.onload = function(){ //kode anda di sini }
Sekarang mari kita lihat pada contoh Kode 12.
$(".tombol1").click(function(){
$("p").hide(1000);
});

Kode $(".tombol1") adalah jQuery selektor. Di mana kita memilih elemen yang mempunyai class=”tombol1” untuk kita lakukan sesuatu. $ sendiri adalah alias untuk jQuery class. Oleh karena $() untuk membuat objek jQuery. Kemudian kita tambahkan fungsi click(). Ini berguna untuk memberikan event onclick untuk elemen yang kita pilih tadi (dalam hal ini adalah elemen yang mempunya class=’tombol1’). Dan kemudian melaksanakan fungsi yang diberikan apabila event onclick terjadi. Jadi artinya apabila elemen dengan class=”tombol1” diklik maka lakukan fungsi $("p").hide(1000);

Fungsi hide() dan show() adalah fungsi built in dari jQuery, nanti akan kita lihat lebih lanjut fungsi-fungsi built in dari jQuery.

2.J Query Selectors

Selectors memungkinkan Anda untuk memanipulasi elemen HTML sebagai kelompok atau sebagai elemen tunggal. Pada penjelasan sebelumnya kita telah melihat contoh cara memilih elemen HTML menggunakan jQuery.

jQuery element selectors dan attribute selectors memungkinkan Anda untuk memilih elemen HTML (atau kelompok elemen) dengan nama tag, nama atribut atau konten. Selectors memungkinkan Anda untuk memanipulasi elemen HTML sebagai kelompok atau sebagai elemen tunggal.

jQuery Element Selectors jQuery mirip CSS dalam hal memilih elemen HTML. $("p") memilih semua elemen <p> $("p.intro") memilih semua elemen <p> yang mempunyai class="intro". $("p#demo") memilih elemen <p> yang mempunyai id="demo". jQuery Attribute Selectors jQuery mirip XPath dalam hal memilih elemen berdasarkan atribut yang ada. $("[href]") memilih semua elemen dengan atribut href. $("[href='#']") memilih semua elemen dengan atribut href bernilai="#". $("[href!='#']") memilih semua elemen dengan atribut href dengan nilai bukan sama dengan "#". $("[href$='.jpg']") memilih semua elemen dengan atribut href yang mengandung ".jpg".
 
3. jQuery Events

Salah satu kemampuan utama jquery adalah menangani event. Dalam pemograman jquery, biasanya kode-kode pemograman diletakkan di dalam penanganan event yang terjadi pada suatu atau kelompok elemen yang dipilih.
Hampir-hampir mirip dengan Visual Basic, biasanya suatu kode dijalankan apabila ada sesuatu yang terjadi (event) pada suatu elemen. Misalnya, kalau ada tombol di klik, maka action atau kode apa yang dijalankan, apabila ada combox dipilih, kode apa yang dijalankan, pada contoh jquery sebelumnya :

$(".tombol1").click(function(){
$("p").hide(1000);
});

Kode di atas berarti apabila terjadi event mengklik elemen yang mempunyai class=’tombol1’, maka lakukan fungsi hide() terhadap semua element <p>.

4.Efek-Efek dengan jQuery

Salah satu kemampuan jquery adalah, adanya fungsi-fungsi efek yang siap pakai. Biasanya untuk membuat efek memudar di javascript, kita harus membuat kode yang lumayan panjang. Tapi dengan menggunakan jquery cukup menggunakan fungsi $(selector).fadeIn()
 
Berikut adalah efek-efek siap pakai yang disediakan oleh jquery. 
 
jQuery show() Effect

Berguna untuk menampilkan elemen yang tersembunyi. Untuk mengatur elemen yang tersembunyi melalui CSS adalah display:none (bukan visibility:hidden).
 
Sintaks :

$(selector).show(speed,callback)

5. jQuery hide() Effect
 
Berfungsi untuk menyembunyikan elemen yang dipilih.
 
Sintaks :
 
$(selector).hide(speed,callback) Untuk parameter speed dan callback adalah sama dengan show() effect.
 
Contoh :

$(".tombol1").click(function(){
$("p").hide();
});

6.jQuery toggle() Effect

Adalah gabungan fungsi hide dan show. Jadi toggle() berfungsi menampilkan yang tersembunyi, menyembunyikan yang tampak.
 
Sintaks :

$(selector).toggle(speed,callback,switch)

Sekian Tutorial dari Catatan Yure tentang J-Query semoga bermanfaat.
More aboutTutorial J - Query

Tips Cara Membuat Blog Terlihat Keren

Diposting oleh catatan yure

Kali ini saya ingin mencoba sedikit memberi sebuah tips mengenai cara membuat blog terlihat keren.Setiap orang yang memiliki blog pasti berharap bisa memiliki blog yang baik,keren,dan rapi.Namun bagi para pemula hal ini sedikit susah.Tapi emuanya tidak terasa susah jika kita tau seluk beluk dan penataan dari blog itu sendiri.Apabila blog tidak diurusi maka tentu saja blog akan terlihat hancur dan itu juga tidak membuat pengunjung datang.

Kita pasti akan merasa sangat rugi jika tak ada satu pun orang yang mau mengunjungi blog kita.Jika itu terjadi maka tentu saja kita sia-sia membuat suatu blog.Blog yang tidak di urusi adalah blog yang tidak akan pernah berkembang.Maka kita juga perlu mencoba sedikit memutar otak agar blog kita tersebut terlihat rapi,dan tentunya terlihat keren.Keren bukan untuk memikat cewek - cewek sih.Tapi keren dengan maksud asyik di pandang dan tidak membosankan.

Jadi berikut ini adalah tips Cara Membuat Blog Terlihat Keren.
  1. Pilih template blog keren
    Membuat blog keren tentunya harus di dukung dengan template blog keren. Anda bisa mendapatkan template keren di blog saya yang satunya yaitu di Bikin blogger.
  2. Pasang widget-widget keren
    Pasang widget seperti recent post, popular post dan sedikit tambahan widget animasi seperti widget comulus untuk wordpress.
  3. Pasang tombol share sosial media yang keren
  4. Pasang sedikit slider images keren
  5. Pasang sedikit animasi Flash
  
Nah semoga tips kali ini dapat bermanfaat bagi pengunjung Blog Catatan Yure.Sekian dari Yure sendiri.Terima Kasih.

mohon komentar nya



More aboutTips Cara Membuat Blog Terlihat Keren

Media Pendidikan : Media Proyeksi

Diposting oleh catatan yure on Selasa, 27 November 2012

Kali ini Catatan Yure akan mencoba lebih lanjut menerangkan tentang Media pembelajaran yakni media proyeksi.Media Proyeksi merupakan salah satu media yang terklasifikasi pada media visual. Media ini memberikan rangsangan-rangsangan visual yaitu melalui indera penglihatan. Media ini langsung berinteraksi dengan pesan yang ingin disampaikan. Masksud pesan disini tentu saja materi pelajaran yang akan disampaikan. Jadi dengan media proyeksi, materi tersebut dapat terserap dengan baik.

Dengan menggunakan proyektor, informasi yang akan disampaikan dapat diproyeksikan ke layar, sehingga informasi berupa: tulisan, gambar, bagan dll akan menjadi lebih besar dan lebih jelas dilihat oleh siswa. Penggunaan media proyeksi ini lebih menguntungkan, sebab indera pendengaran dan penglihatan akan sama-sama diaktifkan melalui sebuah media transparansi yang telah disiapkan. Yang dimaksud dengan gambar mati (still picture) adalah berupa: gambar, foto, diagram, tabel, ilustrasi dll, baik berwarna ataupun hitam = putih yang relatif berukuran kecil, agar gambar tersebut dapat dilihat atau disaksikan dengan jelas oleh seluruh siswa di dalam kelas dengan jalan diproyeksikan ke suatu layar (screen) .

Beberapa media yang termasuk kedalam media proyeksi diam diantaranya adalah:
    1. Film Bingkai
Film bingkai adalah suatu film positif baik hitam putih ataupunberwarna yang berukuran 35 mm, dan umumnya dibingkai dengan ukuran 2 x 2 inchi. Untuk melihatnya perlu ditayangkan dengan proyektor slide.
    1. Film Rangkai
Film rangkai hampir sama dengan film bingkai, bedanya pada film rangkai frame atau gambar tidak memerlukan bingkai dan merupakan rangkaian berurutan dari sebuah film atau gambar tertentu. Jumlah gambar pada 1 rol film rangkai adalah sekitar 50 sampai dengan 75 gambar dengan panjang kurang lebih 100 sampai dengan 130 cm tergantung pada isi film itu. Film rangkai dapat mempersatukan berbagai media pembelajaran yang berbeda dalam satu rangkai sehingga cocok untuk mengajarkan keterampilan, penyimpanannya mudah serta dapat digunakan untuk bahan belajar kelompok atau individu.

    1. OHT
Over Head Transparancy (OHT) adalah media visual proyeksi, dibuat di atas bahan transparan, biasanya film acetate atau plastik berukuran 8,5 x 11 inchi. Media ini memerlukan alat khusus untuk memproyeksikannya yang dikenal dengan sebutan Over Head Projector (OHP). 

    1. Opaque Projektor
Projektor yang tak tembus pandang, karena yang diproyeksikan bukan bahan transparan tetapi bahan-bahan yang tidak tembus pandang (opaque). Kelebihan media ini sebagai media pembelajaran adalah bahwa bahan cetak pada buku, majalah, foto, grafis, bagan atau diagram dapat diproyeksikan secara langsung tanpa dipindahkan ke permukaan transparansi terlebih dahulu. 

    1. Mikrofis
Mikrofis adalah lembaran film transparan yang terdiri atas lambang-lambang visual yang diperkecil sedemikian sehingga tidak dapat dibaca dengan mata telanjang. 

  1. Media Proyeksi Gerak dan Audio Visual
Beberapa jenis media yang masuk dalam kelompok ini adalah:

a. Film gerak
Film gerak merupakan sebuah media pembelajaran yang sangat menarik karena mampu mengungkapkan keindahan dan fakta bergerak dengan efek suara, gambar dan gerak, film juga dapat diputar berulang-ulang sesuai dengan kebutuhan

b. Film gelang
Film gelang atau film loop adalah jenis media yang terdiri atas film berukuran 8 mm dan 16 mm yang ujung-ujungnya saling bersambungan sehingga film ini akan berulang terus menerus jika tidak dimatikan.

c. Program TV
Televisi merupakan media menarik dan modern karena merupakan bagian dari kebutuhan hidupnya. Televisi dapat menjadi sebuah media pembelajaran yang menarik dalam menyampaikan pesan-pesan pembelajaran secara audio visual dengan disertai unsur gerak.

d. Video
Pesan yang disajikan dalam media video dapat berupa fakta maupun fiktif, dapat bersifat informatif, edukatif maupun instruksional

C. Keunggulan dan Kelemahan

- Keunggulan :
  1. Dapat digunakan untuk menyajikan pesan di semua ukuran ruangan kelas.
  2. Menarik, karena memungkinkan penyajian yang variatif dan disertai dengan warna-warna yang menarik.
  3. Tatap muka dengan siswa selalu terjaga dan memungkinkan siswa untuk mencatat hal-hal yang penting.
  4. Dapat digunakan berulang-ulang
  5. Membantu menimbulkan pengertian dan ingatan yang kuat pada pesan yang disampaikan dan dapat dipadukan dengan unsur suara.
  6. Merangsang minat dan perhatian siswa dengan warna dan gambar yang kongkrit.
  7. Program slide mudah direvisi sesuai dengan kebutuhan
  8. Memiliki variasi program yang cukup banyak.
  9. Sifatnya mobile, karena mudah dipindah-pindah tempat dan gelombangnya.
  10. Baik untuk mengembangkan imajinasi siswa.
  11. Dapat lebih memusatkan perhatian siswa terhadap kata, kalimat atau musik, sehingga sangat cocok digunakan untuk pengajaran bahasa.
  12. Jangkauannya sangat luas, sehingga dapat didengar oleh massa yang banyak.
- Kelemahan
  1. Kadangkala terjadi distorsi gambar dan warna akibat kerusakan atau gangguan magnetik.
  2. Pembuatannya memerlukan banyak waktu dan tenaga.
  3. Memerlukan operator khusus untuk mengoperasikannya.
  4. Memerlukan penggelapan ruangan
  5. Jika siarannya monoton akan lebih cepat membosankan siswa untuk mendengarkannya.
  6. Memerlukan penggelapan ruangan untuk memproyeksikannya.
  7. Pembuatannya memerlukan waktu yang cukup lama, jika program yang dibuatnya cukup panjang.
  8. Memerlukan biaya yang boleh dikatakan besar.
  9. Hanya dapat menyajikan gambar yang diam (geraknya terbatas walaupun dengan menggunakan lebih dari sebuah proyektor.
  10. Memerlukan perencanaan yang matang dalam pembuatan dan penyajiannya.
D. Peranan Media Proyeksi dalam Pembelajaran Bahasa 

Pada bagian atas sudah dijelaskan dengan penuh pemaparan yang sangat mendalam tentang media proyeksi. Melihat dari apa pengertian dari media proyeksi itu sendiri, klasifikasinya serta keunggulan dan kelemahannya, sudah tidak dapat diragukan lagi bahwa media proyeksi sangat membantu dan merupakan solusi yang tepat untuk dapat menghidupkan proses pembelajaran terutama pembelajaran bahasa. Bahasa apapun khususnya bahasa Arab yang mana memerlukan media yang dapat menarik dan meningkatkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran bahasa tersebut.

 
More aboutMedia Pendidikan : Media Proyeksi

Hardware,Software dan Brainware Komputer

Diposting oleh catatan yure on Sabtu, 24 November 2012

Baiklah kali ini saya Yure mau membantu teman teman untuk memecahkan apa itu Hardware,Software dan Brainware dari Komputer.Banyak teori mengenai hardware dan software tapi bagi saya pengertiannya sebagai berikut: 

Hardware/Perangkat keras adalah sebuah alat/benda yang kita bisa lihat, sentuh, pegang dan memiliki fungsi tertentu. Secara fisik ada wujudnya. 


Perangkat Hardware terdiri atas 3 jenis, yaitu:

  • Perangkat masukan (Input device) : Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto, maupun gambar ke dalam komputer.Contoh perangkat input misalnya keyboard, mouse, light-pen, scanner, dan sebagainya.
  • Perangkat keluaran (Output device) : Perangkat keluaran dipergunakan untuk menampung dan menghasilkan data yang dikeluarkan, misalnya monitor dan printer.
  • Perangkat pengolah data (Processor) : Perangkat pengolah data dipergunakan untuk mengolah data.Pengolah data meliputi unit pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit) dan juga mikroprosesor.
Macam-macam perangkat keras (hardware):

  • CPU (Central Processing Unit)
cpu
Merupakan alat yang berfungsi sebagai pemroses data.CPU berisi rangkaian sirkuit yang menyimpan instruksi-instruksi pemrosesan dan penyimpanan data.

  • Monitor
moni
Merupakan alat yang mampu menampilkan teks maupun gambar dari data yang sedang diproses dalam CPU.

  • Keyboard
key
Keyboard merupakan alat untuk memasukkan data maupun perintah ke CPU, biasanya terdiri atas rangkaian huruf, angka, dan tombol fungsi lainnya.

  • Mouse
mouse
Mouse merupakan alat bantu untuk memberikan perintah dalam memproses data atau mengedit data.

  • Printer
print
Priter merupakan alat yang memproduksi keluaran data (output) berbentuk cetak, berupa teks maupun gambar/grafik.

  • CD ROM
cdr
Alat tambahan (alat peripheral) yang mampu menyimpan dan menuliskan data dan program melalui media CD (Compact Disk).Alat ini didesain mampu menuliskan dan membaca data atau program melalui sistem optik.

  • Compact Disk (CD)
cd
Media penyimpanan yang terbuat dari bahan plastik.Proses penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik.

  • Floppy Disk
plop
Floppy disk merupakan alat tambahan untuk menyimpan atau menuliskan ke dalam disket maupun sebaliknya, ukuran yang umum digunakan adalah ukuran 3,5 inchi.

  • Hardddisk
hrdisk
Harddisk merupakan alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas besar yang dilapisi secara magnetis, saat ini perkembangan harddisk sangat cepat dari daya tampung dan kecepatan membaca data.Perlu kalian ketahui saat ini harddisk memang mutlak ada dalam setiap computer atau laptop sebagai penyimpan sistem operasi yang permanen.

  • Scanner
scan
Scanner merupakan alat Bantu untuk memasukkan data berupa gambar atau grafik dan mengubahnya ke dalam bentuk digital sehingga dapat diproses dan digabungkan dengan bentuk data yang berupa teks.


  • USB Flasdiks
 

Flasdisk merupakan tempat penyimpanan data yang paling digemari karena kapasitasnya yang besar dan beragam selain itu ukurannya yang kecil memudahkan kita untuk membawanya kemana-mana, hadirnya flasdisk telah menggantikan floppy disk yang dulu sering digunakan untuk penyimpanan data yang portable, kapasitas minimum flashdis adalah 128mb sedangkan untuk kapasitas maksimumnya bisa mencapai 40 Gb, lebih kecil dibanding Hardisk External yang kapasitasnya bisa mencapai 1 tera bite (1000 Gb).

Software / perangkat lunak adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah. Software secara fisik tidak ada wujudnya. 

Maka tidak bisa kita sentuh, tidak bisa kita pegang namun kita dapat menjalankannya dalam sebuah sistem operasi dan Yang hanya bisa kita pegang hanya media penyimpannya saja, seperti disket,CD, dsb. Perangkat lunak memiliki fungsi tertentu juga, dan biasanya untuk mengaktifkan perangkat keras. Bisa juga dikatakan perangkat lunak bekerja di dalam perangkat keras.

Contoh perangkat lunak: program akuntansi, program MS Office, dsb.

          


Brainware adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer/ sistem pengolahan data. Brainware merupakan sumber inspirasi utama bagi terbentuknya suatu sistem komputer.
Menurut tingkat pemanfaatan terhadap komputer

Brainware digolongkan dalam empat tingkatan dimulai dari tingkatan yang tertinggi: 

  • System Analyst : Penanggung jawab dan perencana sistem dari sebuah proyek  pembangunan  sebuah  sistem  informasi  khususnya  yang memanfaatkan komputer
  • Programmer : Pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang dirancang
  • Administrator : Seseorang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi  dan  program-program  yang  berjalan  pada  sebuah sistem/jaringan komputer
  • Operator : Pengguna  biasa,  hanya  memanfaatkan  sistem komputer yang sudah ada 
Nah,sekianlah artikel dari saya.Semoga bermanfaat bagi rekan semua.Jangan LUPA KOMENTARNYA
by : http://catatanyure.blogspot.com/
More aboutHardware,Software dan Brainware Komputer

3 Hal Penyebab Galau

Diposting oleh catatan yure on Selasa, 06 November 2012

  • Galau Finansial
Galau karena masalah ini biasanya terjadi pada masa akhir menjelang datangnya kiriman dari orang tua. galau tersebut biasanya ditandai dengan banyaknya uang koin dibanding uang kertas di dalam dompet atau di dalam saku, dan biasanya nambah utang.
  • Galau Akademis
Galau karena akademis ini biasanya menyerang seseorang saat menjelang atau setelah ujian, tapi ada juga yang galau karena jadwal kuliah yang padat atau tugas yang menumpuk tiap minggunya.
  • Galau Cinta
Galau ini adalah "the origin of galau" atau disebut-sebut sebagai awal munculnya istilah galau. penyebab galau jelas masalah percintaan, sama seperti yang sudah saya utarakan di atas, galau ini terjadi biasanya karena putus dari pacarnya, ada masalah dengan pacarnya, ditolak cewek yang di PDKTin, atau orang yang disukai sudah punya pasangan

Selain itu efek yang bisa ditimbulkan karena galau dapat dirinci sebagai berikut

  • Berubahnya selera musik, yang biasanya mendengarkan musik rock seperti avenged sevenfold, MCR kemudian berpindah ke ST12, wali, armada, atau sejenis
  • Berubahnya selera makan atau bahkan hilangnya nafsu makan tersebut sering bengong dimanapun
  • Sering curcol, dapat dengan tiba-tiba muncul di kosan siapa aja tanpa pemberitahuan sebelumnya
  • Suka melakukan hal-hal yang absurd, seperti berjoget-joget dan tiba-tiba bernyanyi dengan suara keras
Kutipan dari : SafniFlower Ghadhieh Mhinhang
More about3 Hal Penyebab Galau

Entri Populer