Piranti Masukan Tekstual
Bagi Rekan2 yang mau Download
Hasil Word
Hasil Power Point
Peranti masukkan tekstual dapat dikatakan merupakan peranti masukan
standar yang dijumpai pada semua komputer (Keyboard).Keyboard merupakan
piranti terbaik untuk inputan berbentuk teks. Meskipun demikian,
penelitian menunjukkan bahwa untuk melaksanakan pekerjaan berbentuk
pilihan (mis: dari suatu menu), keyboard lebih lambat, kurang akurat,
dan kurang disukai pengguna dibandingkan piranti masukan lainnya
Jenis-jenis Keyboard :
- Keyboard QWERTY
- Keyboard Alphabetic
- Keyboard Dvorak
- Keyboard Chord
Keyboard QWERTY
Tata letak ini ditemukan oleh Scholes, Gliddedn, dan Soule pada tahun
1878, dan kemudian menjadi standar mesin ketik komersial pada tahun
1905. Graham Leedham (1991) bahwa seorang operator biasanya mempunyai
kecepatan pengetikan antara 80 sampai 90 kata per menit, atau sekitar
500 sampai 600 huruf per menit.
Kelemahan dan ketidakefisienan tata letak QWERTY:
- 48% dari gerakan di antara tata kunci-kunci yang berurutan harus dilakukan sebuah tangan.
- Pengguna papan ketik dengan tata letak QWERTY mempunyai beban pengetikan tangan kiri sebesar 56% lebih cocok digunakan yang kidal.
- Kelemahan lain adalah bahwa kata-kata yang harus diketik oleh tangan sebelah, misalnya “sadar”, “teras”, dan”cara”. Selain itu, jika kita kita mengetik kata yang banyak mengandung hurup “a”, maka jari kelingking yang paling lemah ternyata harus menunggu beban yang lebih berat
Tata Letak ini sama denga keyboard yang biasa digunakan yang terdiri dari 4 bagian yaitu:
- Tombol fungsi (function key)
- Tombol alphanumerik (alphanumerik key)
- Tombol kontrol (control key)
- Tombol numerik (numerik keypad).
Tata letak ini ditemukan oleh Scholes, Gliddedn, dan Soule pada tahun
1878, dan kemudian menjadi standar mesin ketik komersial pada tahun
1905.
Graham Leedham (1991) bahwa seorang operator biasanya mempunyai
kecepatan pengetikan antara 80 sampai 90 kata per menit, atau sekitar
500 sampai 600 huruf per menit.
Kelemahan dan ketidakefisienan tata letak QWERTY:
- 48% dari gerakan di antara tata kunci-kunci yang berurutan harus dilakukan sebuah tangan.
- Pengguna papan ketik dengan tata letak QWERTY mempunyai beban pengetikan tangan kiri sebesar 56% lebih cocok digunakan yang kidal.
- Kelemahan lain adalah bahwa kata-kata yang harus diketik oleh tangan sebelah, misalnya “sadar”, “teras”, dan”cara”. Selain itu, jika kita kita mengetik kata yang banyak mengandung hurup “a”, maka jari kelingking yang paling lemah ternyata harus menunggu beban yang lebih berat.
Beberapa pada tombol selain huruf:
- Numeric keypad
- Function keys
- Tombol-tombol pergerakan kursor
Numerik Keypad
Untuk menghasilkan bilangan dalam jumlah yang besar, orang lebih suka
menggunakan tombol numerik (numerik keyped) yang tata letak
tombol-tombolnya dapat dijangkau dengan sebuah tangan. Selain itu,
fungsinya untuk mengetikkan angka apabila tombol Num Lock di aktifkan.
Apabila tombol Num Lock tidak diaktifkan, fungsinya berubah menjadi
tombol-tombol untuk menggerakkan kursor.
Ciri – Ciri Tombol yang baik
- Ukuran: 12 mm; jarak antartombol 6 mm.
- Agak cekung.
- Dibuat dengan bahan yang bersifat dof.
- Diaktifkan dengan gaya 40-125 gf.
- Jika ditekan masuk 3-5 mm.
- Tombol-tombol khusus lebih besar.
- Tanda bagi Caps Lock, Num Lock.
- Warna yang informatif.
- Label harus cukup besar untuk dibaca.
- Tombol F dan J pada tata letak QWERTY ditandai
Cara kerja keyboard :
- Penekanan Keyboard menghasilkan arus listrik.
- Processor mencocokkan lokasi koordinat x,y pada peta karakter di ROM.
- Jika Pemakai menekan secara bersamaan,processor akan mencari keberadaan kombinasi tombol dalam peta karakter.
- Peta karakter dapat di timpa dengan sebuah software.
- Software yang menghendaki agar tata letak keyboard/Qwerty diubah menjadi Dvorak/Kombinasi kunci tertentu yang mempunyai arti berbeda.
- Dvorak (sistem tata letak keyboard yang disusun berdasarkan kesering pakaian huruf.
- Keyboard dilengkapi dengan typematic (processor akan mengenali penekanan tombol terus menerus).
Function keys
Untuk fungsi-fungsi khusus. Biasa diberi label F1 … F12
Positif : mengurangi ketukan dan kesalahan.
Negatif : letaknya jauh dari home position, fungsinya harus dihafal, beberapa sistem tidak konsisten.
Tombol fingsi (function keys). Mempunyai keuntungan antara lain adalah:
- Mengurangi beban ingatan,
- Mudah dipelajari,
- Kecepatan yang lebih tinggi (karena berkurangnya penekanan tombol),
- Mengurangi kesalahan.
- Tata letak tombol fungsi harus dirancang sedemikian rupa sehingga dapat meminimisasi waktu belajar
- imagesKelemahan tidak adanya standarisasi “isi tombol” fungsi tersebut. Karena kemampuan setiap sistem komputer berbeda.
Tombol-tombol pergerakan kursor
- Tata letak yang terbaik adalah yang alami.
- Populer: T-terbalik (a).
- Biasa mempunyai typematic (auto-repeat).
- Pergerakan lainnya dengan tombol TAB, HOME, END, dsb.
Keyboard Alphabetic
Tombol-tombol pada papan ketik dengan tata letak alphabetik disusun
persis seperti pada tata letak QWERTY maupun Dvorak. Susunan hurufnya
berurutan seperti pada urutan alphabet.
Biasanya banyak ditemui pada mainan anak-anak, sehingga anak-anak
dapat diajar mengenal hurup alphabet. Keyboard Alphabetic, digunakan utk
negara-negara yg menggunakan alphabetic berbeda dgn alphabetic yg ada.
Misal : Arab, Cina, Rusia.
- Tombol-tombol disusun menurut abjad.
- Tidak punya kelebihan dibanding tata letak lainnya, karena itu tidak banyak dipakai.
Keyboard Dvorak
Menggunakan susunan papan ketik yang sama, tetapi susunan hurufnya
disusun sehingga tangan kanan dibebani oleh banyak pekerjaan dibanding
dengan tangan kiri.
Dirancang agar 70 persen dari ketukan jatuh pada home row, sehingga
jari-jemari yang harus mencapai huruf-huruf yang tidak berada pada
posisi home row mempunyai kerja yang lebih ringan. Mengurangi kelelahan
karena adanya faktor ergonomik yang ditambahkan pada tata letak ini.
Diciptakan oleh August Dvorak dan Willian L. Dealey, 1936. Dirancang
untuk mengurangi jarak pergerakan jari. Mempercepat ketikan hingga 200
ketikan per menit. Penerimaannya lambat karena pemakai tidak bersedia
berusaha berpindah dari QWERTY.
Keyboard Chord
Keyboard Chord, digunakan utk mencatat ucapan. Utk menghasilkan suatu
kata dgn menekan tombol atau kombinasi tombol. Misal; tombol ‘D’
kombinasi dari ‘T’ & ‘+’. Biasanya digunakan oleh wartawan atau pada
proses peradilan
Untuk tujuan-tujuan khusus seperti diatas (wartawan), digunakanlah
suatu papan ketik yang dikenal dengan sebutan chord key-board yatu dapat
menekan kombinasi tombol untuk menghasilkan suatu kata. Yang disebut
tata letak Palantype terdiri dari :
- Bagian kiri menunjukkan konsonan awal sebuah kata
- Bagian tengah menunjukkan kelompok vokal
- Bagian kanan menunjukan kelompok konsonan yang merupakan konsonan terkhir dari sebuah kata atau suku kata.
Contoh papan ketik : stenotype.
Piranti Penuding
Piranti penuding dan pengambil (pointing and picking device)
digunakan untuk memutar obyek, menggambar garis, menentukan nilai atau
besaran, atau untuk menunjukan posisi awal dari pemasukkan teks.
Peranti-peranti penuding antara lain adalah mouse, joystick, trackball,
Track point, digitizing tablet, light pen, dan touch-sensitve panel
(Touch Screen).
Mouse
Mouse digunakan untuk menempatkan cursor (teks atau grafik) pada
posisi tertentu di layar komputer. Mengaktifkan menu pilihan pada suatu
program aplikasi, dan bahkan untuk menggambar. Didalam mouse terdapat
peranti pemantau yang ada di dalam sebuah mouse.
Kelebihan:
- Tombolnya mudah ditekan;
- Pergerakan panjang cepat;
- Penempatan presisi.
Kelemahan:
- Tangan harus pindah dari keyboard;
- Memakan tempat di meja;
- Kabelnya mengganggu;
- Harus diangkat dan diletakkan kembali untuk pergerakan panjang;
- Harus berlatih untuk bisa menguasainya.
Joystick
Joystick
merupakan peranti penuding tak langsung. Gerakan cursor dikendalikan
oleh gerakan tuas pada (joystick absolut) atau dengan tekanan pada tuas
(pada joystick terkendali kecepatan atau joystick isometrik).
Gerakan kursor pada joystick dikendalikan sebuah tuas yang ditanamkan pada sebuah alas.
Sifat Joystick :
- Membutuhkan tempat yang sedikit.
- untuk tracking (sistem pemantauan jarak jauh).
- Pergerakan sedikit, perpindahan arah mudah.
- Tidak mengganggu layar
- Harganya murah, sehingga banyak digunakan pada permainan komputer (game) seperti : permainan pesawat, mobil balap dan sebagainya.
Trackball
Trackball hampir sama dengan mouse perbedaan utama terletak pada
konfigurasinya. Pada mouse, operator harus menggerakan seluruh badan
dari mouse tersebut, sedangkan pada trackball, badan dari trackball
tersebut tetap diam, tetapi tangan operatorlah yang menggerakan bola
untuk menunjukan perpindahan kursor.
Trackball dapat dilukiskan sebagai gabungan fungsi dari joystick dan
mouse. Terdiri atas dasar yang tetap, yang menyangga sebuah bola. User
hanya menggerakkan bola utk memindahkan kursor.
Sifat trackball:
- Mudah dipelajari
- Membutuhkan sedikit ruangan (seperti joystick)
- Dilaporkan oleh beberapa peneliti bahwa trackball adalah salah satu piranti penuding yang terefisien (dalam hal ketepatan dan kecepatan)
Kelemahan:
- Keletihan microvascular (Dr.Leo M. Rozmaryn, MD)
Trackpoint
Joystick mini isometrik dari bahan karet yang diletakkan di antara
tombol-tombol keyboard dan digerakkan jari tangan. Dikenal sebagai
G-stick, accupoint adalah miniatur dari joystick yang diletakkan
diantara kunci G dan H pada keyboard. Biasanya dipakai bersama dengan 2
buah tombol dan fungsinya sama dengan mouse, karena accupoint
ditempelkan pada keyboard, maka tidak memerlukan tambahan ruang untuk
operasinya. Accupoint dioperasikan cukup dengan 1 jari saja dan tidak
memerlukan ruang
Digitzing Table
Digitizing table (atau digitizer), juga sering disebut dengan
graphics table, peranti mengambil data dalam bentuk sederetan koordinat
(x,y) yang menentukan gerakan pena atau puck pada meja digitasi. Peranti
ini mempunyai ketelitian yang cukup tinggi.
Light Pen
Pena cahaya (light pen) dapat digunakan sebagai peranti gambar atau
point-shoot device. Alat ini digunakan dengan cara menunjuk ujung alat
ke monitor komputer yang peka kepada cahaya. Apabila pena ditempelkan
dan digerakkan pada layar komputer, maka satu isyarat elektronik akan
dihantarkan dan akan dimengerti oleh program tersebut.
Dengan lightpen akan memungkinkan anda untuk menyentuh suatu titik di
layar, dan komputer akan membaca lokasi tersebut. Teknologi ini banyak
digunakan untuk membuat grafik atau gambar di dalam perencanaan dengan
bantuan komputer. Seperti rancang bangunan atau disain grafis.
Touch Screen
Panel sensitif sentuhan (touch-sensitive panel) adalah
peranti interaktif yang bekerja dengan cara mendeteksi ada tidak adanya
sentuhan tangan atau stylus langsung kelayar komputer Panel sensitif
sentuhan (touch-sensitive panel) adalah peranti interaktif yang
bekerja dengan cara mendeteksi ada tidak adanya sentuhan tangan atau
stylus langsung kelayar komputer.
Ada 3 jenis, yaitu resistive, capacitive dan surface acoustic wave system.
Resistive Screen
Sistem resistif layarnya dilapisi oleh lapisan tipis berwarna metalik
yang bersifat konduktif dan resistif terhadap sinyal-sinyal listrik.
Maksud dari lapisan yang bersifat konduktif adalah lapisan yang bersifat
mudah menghantarkan sinyal listrik, sedangkan lapisan resistif adalah
lapisan yang menahan arus listrik.
Kedua lapisan ini dipisahkan oleh sebuah bintik-bintik transparan
pemisah, sehingga lapisan ini pasti terpisah satu sama lain dalam
keadaan normal. Pada lapisan konduktif tersebut juga mengalir arus
listrik yang bertugas sebagai arus referensi.
Ketika terjadi sentuhan kedua lapisan ini akan dipaksa untuk saling
berkontak langsung secara fisik. Karena adanya kontak antara lapisan
konduktif dan resistif maka akan terjadi gangguan pada arus listrik
referensi tersebut.
Efek dari gangguan ini pada lapisan konduktif adalah akan terjadi
perubahan arus-arus listriknya sebagai reaksi dari sebuah kejadian
sentuhan. Perubahan nilai arus referensi ini kemudian dilaporkan ke
controllernya untuk di proses lebih lanjut lagi.
Informasi sentuhan tadi diolah secara matematis oleh controller
sehingga menghasilkan sebuah koordinat dan posisi yang akurat dari
sentuhan tersebut. Kemudian informasi diintegrasikan dengan program lain
sehingga menjadi aplikasi yang mudah digunakan.
Layar dengan teknologi ini memiliki tingkat kejernihan gambar sebesar
75% saja, sehingga monitor akan tampak kurang jernih. Touch sensor
jenis ini sangat rentan dan lemah terhadap sentuhan benda-benda yang
agak tajam.
Teknologi ini tidak akan terpengaruh oleh elemen-elemen lain di luar
seperti misalnya debu atau air, namun akan merespon semua sentuhan yang
mengenainya, baik itu menggunakan jari tangan langsung maupun
menggunakan benda lain seperti stylus. Sangat cocok digunakan untuk
keperluan di dalam dunia industri seperti di pabrik, laboratorium, dan
banyak lagi.
Definisi sederhananya:
Layar yang cara kerjanya harus ditekan, dapat menggunakan jari atau
benda apapun yg ditekankan di layar. Kelemahan untuk layar ini adalah
jika diletakkan dikantong (terutama kantong celana), bisa tertekan-tekan
dan mengakibatkan layar jadi gampang rusak karena sering tertekan.
Indoor: sangat baik
Outdoor: kurang optimal
Outdoor: kurang optimal
Contoh HP yg menggunakan layar resistif adalah Samsung Star, Sony
Erricson W950. Siri-cirinya adalah dengan disertakan stylus didalam
paket HP-nya. Pilihlah wadah yang menggunakan model flip, jadi layar
dapat terlindung dari tekanan. Sebaliknya tidak disarankan menggunakan
wadah HP model pouch.
Capacitive Screen
Sistem kapasitif memiliki sebuah lapisan pembungkus yang merupakan
kunci dari cara kerjanya, yaitu pembungkus yang bersifat capasitive pada
seluruh permukaannya. Panel touchscreen ini dilengkapi dengan sebuah
lapisan pembungkus berbahan indium tinoxide yang dapat meneruskan arus
listrik secara kontiniu untuk kemudian ditujukan ke sensornya.
Lapisan ini dapat memanfaatkan sifat capacitive dari tangan atau
tubuh manusia, maka dari itu lapisan ini dipekerjakan sebagai sensor
sentuhan dalam touchscreen jenis ini. Ketika lapisan berada dalam status
normal (tanpa ada sentuhan tangan), sensor akan mengingat sebuah nilai
arus listrik yang dijadikan referensi.
Ketika jari tangan Anda menyentuh permukaan lapisan ini, maka nilai
referensi tersebut berubah karena ada arus-arus listrik yang berubah
yang masuk ke sensor. Informasi dari kejadian ini yang berupa arus
listrik akan diterima oleh sensor yang akan diteruskan ke sebuah
controller. Proses kalkulasi posisi akan dimulai di sini.
Kalkulasi ini menggunakan posisi dari ke empat titik sudur pada panel
touchscreen sebagai referensinya. Ketika hasil perhitungannya didapat,
maka koordinat dan posisi dari sentuhan tadi dapat di ketahui dengan
baik. Akhirnya informasi dari posisi tersebut akan diintegrasikan dengan
program lain untuk menjalankan sebuah aplikasi.
Capasitive touchscreen baru dapat bekerja jika sentuhan-sentuhan yang
ditujukan kepadanya berasal dari benda yang bersifat konduktif seperti
misalnya jari. Tampilan layarnya memiliki kejernihan hingga sekitar 90%,
sehingga cocok untuk digunakan dalam berbagai keperluan interaksi dalam
publik umum seperti misalnya di restoran, kios elektronik, lokasi Point
Of Sales, dsb.
Definisi sederhananya:
Harus dengan sentuhan jari, tidak dapat menggunakan benda lain (kuku,
stylus, dsb). Karena layar ini bekerja dengan memanfaatkan muatan
listrik yang ada ditubuh kita. Layar sentuh model kapasitif ini hampir
tidak memiliki kelemahan yang berarti, karena layar ini adalah
pengembangan terbaru untuk menggantikan layar resistif.
Indoor: sangat baik
Outdoor: sangat baik
Outdoor: sangat baik
Keunggulannya: layar jenis ini tidak terpengaruh terhadap tekanan,
jadi walaupun HP diletakkan dikantong tidak menjadi masalah. Penggunaan
wadah model pouch bisa dikategorikan aman. Ciri-cirinya adalah tidak
disertakan stylus didalam paket HP-nya. Contoh HP yg menggunakan layar
kapasitif adalah Samsung Corby Touchscreen, iPhone.
Surface Acoustic Wave System
Teknologi touchscreen ini memanfaatkan gelombang ultrasonik untuk
mendeteksi kejadian di permukaan layarnya. Di dalam monitor touchscreen
ini terdapat dua tranduser, pengirim dan penerima sinyal ultrasonik.
Selain itu dilengkapi juga dengan sebuah reflektor yang berfungsi
sebagai pencegah agar gelombang ultrasonic tetap berada pada area layar
monitor.
Kedua tranduser ini dipasang dalam keempat sisi, dua vertikal dan dua
horizontal. Ketika panel touchscreen-nya tersentuh, ada bagian dari
gelombang tersebut yang diserap oleh sentuhan tersebut, misalnya
terhalang oleh tangan, stylus, tuts, dan banyak lagi. Sentuhan tadi
telah membuat perubahan dalam bentuk gelombang yang dipancarkan.
Perubahan gelombang ultrasonik yang terjadi kemudian diterima oleh
receiver dan diterjemahkan ke dalam bentuk pulsa-pulsa listrik.
Selanjutnya informasi sentuhan tadi berubah menjadi sebentuk data yang
akan di teruskan ke controller untuk diproses lebih lanjut.
Data yang dihasilkan dari sentuhan ini tentunya adalah data mengenai
posisi tangan Anda yang menyentuh sinyal ultrasonik tersebut. Jika ini
dilakukan secara kontinyu dan terdapat banyak sekali sensor gelombang
ultrasonic pada media yang disentuhnya, maka jadilah sebuah perangkat
touchscreen yang dapat Anda gunakan.
Teknologi ini tidak menggunakan bahan pelapis metalik melainkan
sebuah lapisan kaca, maka tampilan dari layar touchscreen jenis ini
mampu meneruskan cahaya hingga 90 persen, sehingga lebih jernih dan
terang dibandingkan dengan Resistive touchscreen.
Tanpa adanya lapisan sensor juga membuat touchscreen jenis ini
menjadi lebih kuat dan tahan lama karena tidak akan ada lapisan yang
dapat rusak ketika di sentuh, ketika terkena air, minyak, debu, dan
banyak lagi.
Kelemahannya kinerja dari touchscreen ini dapat diganggu oleh
elemen-elemen seperti debu, air, dan benda-benda padat lainnya. Sedikit
saja terdapat debu atau benda lain yang menempel di atasnya maka
touchsreen dapat mendeteksinya sebagai suatu sentuhan.
Touchscreen jenis ini cocok digunakan pada ruangan training komputer,
keperluan dalam ruangan untuk menampilkan informasi dengan sangat
jernih dan tajam dan saat presentasi dalam ruangan.
Multi Touchscreen
Multi layar sentuh adalah pengembangan dari teknologi layar sentuh
yang sudah ada. Dari arti kata “multi” yang berarti banyak, sudah
terlihat bahwa keunggulan layar sentuh ini dapat disentuh oleh lebih
dari satu jari. Layar multi sentuh ini mampu disentuh oleh puluhan jari
dari orang yang berbeda-beda secara bersamaan.
Layar multi sentuh ini dapat digunakan untuk membesarkan,
mengecilkan, mengubah posisi, dan memindahkan posisi objek pada layar
monitor seperti foto atau games.
Layar multi sentuh ini biasa digunakan pada handphone, komputer, MP3 player, dan sebagainya.
Layar Tampilan
Layar tampilan merupakan piranti yang dipastikan selalu ada pada
sebuah sistem komputer, karena lewat layar tampilan inilah pengguna
dapat melihat apa yang ia ketikan, dan informasi yang diberikan oleh
komputer sebagai hasil dari suatu proses komputasi.
Prinsip dasar dari cara kerja layar tampilan :
Aliran elektron dilepaskan oleh penembak elektron (electron gun),
kemudian difokuskan dan dibelokan oleh medan listrik pada layar yang
berlapiskan fosfor. Ketika elektron mengenai layar yang berlapiskan
fosfor, maka akan muncul pendaran pada titik kontak antara elektron
dengan lapisan fosfor.
Tiga komponen utama
- Pengingat digital, atau frame buffer, dimana citra yang akan ditampilkan ke layar disimpan sebagai matriks, nilai elemennya menunjukan intensitas dari citra grafis yang akan ditampilkan
- Layar penampil
- Peranti pengendali tampilan (display controller) atau pengolah tampilan (display processor). Yang berfungsi untuk melewatkan isi pengingat digital dan mengolahnya untuk ditampilkan kelayar penampil. Secara umum ada tiga tipe tabung sinar katona yang digunakan.
Cara penampilan gambar pada layar membedakan jenis layar tampilan
yang ada. Layar tampilan yang dikembangkan sekitar tahun 60-an, dan yang
masih banyak digunakan sampai saat ini, disebut dengan tampilan vektor
atau tampilan kaligrafi (vector, calligraphic atau stroke display).
Pengolah Tampilan
Pengolah tampilan (display processor) atau video display adapter
adalah bagian yang mengubah polabit dari pengingat digital menjadi
tegangan analog, yang selanjutnya akan membangkitkan elektron yang
digunakan untuk menembak fosfor pada layar tampilan.
Monitor merupakan salah satu perangkat keras (Hardware) yang
digunakan sebagai penampilan output video dari pada sebuah komputer, dan
kegunaannya tersebut tidak dapat dipisahkan dalam pemakaian suatu
komputer, sehingga dikarenakan monitor itu sebagai penampilan gambar
maka tentunya komputer sangat sulit digunakan dan bahkan sama sekali
tidak dapat digunakan tanpa menggunakan komputer.
Jenis-Jenis Monitor
Monitor Catoda Ray Tube (CRT)
Monitor ini merupakan monitor yang mempunyai tabung yang memproduksi
elektron untuk menembak layar, sehingga tercipta gambar di layar seperti
cara kerja televisi. Monitor ini memakai port 15 pin dengan 3 baris.
Monitor Liquid Crystal Display (LCD)
Cara kerja monitor ini adalah dengan memberikan stimulasi arus
listrik dari luar kepada luquid crystal (materi bipheny). Sehingga akan
mengubah properti dari cahaya yang dilewatkan crystal.
Monitor TFT LCD
Berupa Liquid Crystal yang diisikan diantara dua pelat gelas, yaitu
colour filter glass dan TFT glass. Colour filter glass mempunyai filter
warna yang bertugas memancarkan warna, sedangkan TFT glass mempunyai
thin film transistor sebanyak pixel yang ditampilkan. Liquid crystal
bergerak sesuai dengan perbedaan voltase antara colour filter glass
dengan TFT glass. Jumlah cahaya yang dipasok oleh back light ditentukan
oleh jumlah pergerakan liquid crystal yang pada gilirannya akan
membentuk warna.
Jenis Monitor Berdasarkan Signal pengiriman data.
Monitor Analog
Pengertian dari analog berarti sinyal-sinyal yang masuk pada monitor
adalah berupa arus yang dapat berisi sembarang nilai antara sinyal
maksimal dan minimum. Sistem pengolahan data pada monitor analog adalah
secara langsung tanpa menggunakan proses digital (data 0 dan 1). Monitor
analog biasanya mempunyai ciri khas pada semua pengaturan manualnya
(H-Size, V-Size, Contrast, dan Brightness)menggunakan Potensiometer.
Monitor Digital
Monitor digital adalah monitor yang menggunakan sinyal digital dalam
pengiriman datanya yaitu menggunakan logika 1 dan 0 (data digital).
Monitor digital biasanya mempunyai ciri seluruh pengaturannya gambar
manualnya menggunakan saklar tekan.
Monitor Multi Scanning
Monitor multi scanning adalah monitor yang dapat menerima dua bentuk
sinyal (data) baik digital maupun analog. Hebatnya monitor ini ini dapat
menggabungkan dua kegunaan yang dimiliki monitor analog dan digital
sehingga sanggup dipasngkan video card yang bermacam-macam.
Tombol Pengatur Pada Monitor
Pada umumnya, monitor memiliki tombol pengatur sebagai berikut:
- Saklar ON/OFF yang berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan sumber daya listrik.
- Brightness Control, yaitu untuk mengatur cerah dan redupnya layar.
- Contrast Control, yaitu untuk mengatur cerah dan redupnya obyek pada layar.
- Vertical Size Control (V. Hold), yaitu untuk mengatur area layar pada bagian bawah dan atas.
- Vertical Line (V. Line), yaitu untuk mengatur tinggi rendahnya obyek pada layar.
- Horizontal Size Control (H. Hold), yaitu untuk mengatur area layar pada bagian kiri dan kanan.
Monitor disebut juga layar penampil atau penampil video adalah salah
satu perangkat komputer yang berfungsi untuk menampilkan segala jenis
data/informasi yang diproses oleh komputer baik itu data yang masuk
maupun keluar ke/dari komputer. Agar monitor dapat menampilkan teks dan
grafik harus dihubungkan dengan Video Graphic Adapter card (VGA card).
Adapter tampilan yang banyak digunakan untuk komputer-komputer
pribadi adalah MDA (Monochrome Display Adapter), CGA (Color Graphics
Adapater), MCGA (Multi-Color Graphics Array), EGA (Enhanched Graphics
Adapter), VGA (Video Graphics Array), dan SVGA (Super Video Graphics
Array). Pada saat ini, adapter VGA dan SVGA-lah yang paling banyak
digunakan.
Pengolah tampilan, mempunyai memori khusus yang disebut memori video.
Semakin besar memori video, semakin tinggi resolusi yang dihasilkan
oleh pengolah tampilan itu dan juga semakin banyak warna yang
dihasilkannya. Saat ini sudah banyak ditemukan pengolah tampilan,
khususnya VGA, dengan memori 2 Mbyte, bahkan 4 Mbyte. Pengolah tampilan
dengan memori sebesar 2 Mbyte dapat menghasilkan gambar true color yang
sangat bagus, terlebih pengolah tampilan dengan memori 4 Mbyte.
Tipe Layar Tampilan
Layar tampilan bisa dikelompokkan kedalam lima tipe yaitu :
- Direct – drive Monochrome Monitor
- Composite Monochrome Monitor
- Composite Color Monitor
- Red Green Blue Monitor
- Variable Frequency
Direct-drive Monochrome Monitor
Tipe layar tampilan ini biasanya digunakan untuk adapter dari jenis
MDA atau EGA. Layar tampilan jenis ini hanya menyajikan warna latar
depan (foreground) dan warna latar belakang (background).
Composite Monochrome Monitor.
Tipe layar ini digunakan bersama-sama dengan adapter jenis CGA. Tipe
layar ini hanya bisa menyajikan sebuah warna latar depan, dan hanya
dapat digunakan bersama-sama dengan adapter dari jenis CGA. Saat ini,
layar dengan tipe ini sudah jarang ditemui, karena resolusi dan jumlah
yang dapat ditampilkan memang tidak banyak.
Composite Color Monitor.
Tipe layar ini dapat menghasilkan teks dan grafik berwarna (color).
Meskipun demikian tipe ini mempunyai resolusi yang jelek sehingga gambar
yang dihasilkan tidak bagus. Tipe layar tampilan ini harus digunakan
bersama-sama dengan adapter dari jenis CGA.
Red-Green-Blue Monitor
Tipe layar ini lebih dikenal dengan sebutan RGB Monitor (RGB =
Red-Green-Blue). Tipe layar RGB lebih baik dibanding dengan Composite
Color Monitor, karena layar tampilan ini memproses isyarat warna merah,
hijau dan biru secara terpisah. Dengan demikian, teks dan grafik yang
dihasilkan juga lebih bagus.
Variable-Frequency Monitor
Adapter tampilan yang berbeda sering kali membangkitkan isyarat yang
berbeda pula, sehingga ada beberapa layar tampilan yang tidak bisa
dipasang dengan adapter tertentu. Layar tampilan ini memungkinkan kita
untuk menggunakan adapter tampilan yang berbeda, sehingga apabila ada
tekhnologi adapter penampil yang lebih baru kita tidak perlu membeli
layar tampilan yang baru pula.
Untuk melengkapi informasi diatas, saat ini dipasaran perangkat keras
tersedia layar tampilan dari berbagai ukuran. Ukuran layar tampilan
yang umum dipergunakan adalah 14 Inchi atau 15 Inchi, tetapi ada juga
layar tampilan yang berukuran 17 Inchi dan 20 Inchi, yang tentu harganya
jauh lebih mahal.
Printer
Alat pencetak. Istilah ini umum digunakan untuk pencetak karakter atau gambar ke suatu media (seperti kertas).
Jenis-jenis Printer:
Dot-matrix printer
Menggunakan pita bertinta. Printer Dot-Matrix adalah pencetak yang
resolusi cetaknya masih sangat rendah. Selain itu ketika sedang
mencetak, printer jenis ini suaranya cenderung keras serta kualitas
untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan
terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan. Head dari printer
jenis ini, terdiri atas 7 atau 9 ataupun 24 jarum yang tersusun secara
vertical dan membentuk sebuah kolom.
Pada saat bekerja, jarum yang ada akan membentuk character images
melalui gesekan-gesekan jarum pada karbon dan kertas. Printer jenis ini
juga merupakan character printer. Kecepatannya sangat bervariasi, tapi
untuk Epson LX-80, adalah 80 caharacter per second.
Pada saat head-printer bergerak dari kiri kekanan sambil menyentuh
kertas, maka huruf yang sudah terpola dalam suatu susunan jarum akan
segera muncul. Pola huruf ini kemudian diterima oleh pita karbon yang
dibaliknya terdapat kertas, dan terjadilah pencetakan huruf demi huruf.
Inkjet printer
Tidak berisik, kualitas cetakan baik. Pencetak dengan cara kerja menyemprotkan tintanya ke media cetakan
Thermal printer
Tidak berisik, murah. Menggunakan kertas khusus (berlilin) atau kertas biasa.
Laser printer
Hasil berkualitas tinggi. Alat pencetak yang cara kerjanya dengan
cara memanaskan kertas (kertas yang digunakan kertas khusus) menggunakan
jarum yang dipanasi dan mendekatkan jarum yang dipanasi tadi ke kertas
yang peka terhadap panas tersebut.
Plotter
Menggunakan pena untuk menggambar di atas gulungan kertas. Printer
grafis yang menggambar dengan menggunakan pena-pena tinta, plotter juga
merupakan perangkat output pertama yang mampu mencetak gambar berukuran
gambar sebesar gambar arsitektur dan engineering.
Photographic printer
Menghasilkan slide & cetakan foto.
Newspaper/magazine-layout systems
Hasil berkualitas produksi.
Masukan Berbentuk Suara
Terdapat 2 kategori utama dari piranti masukan berbentuk suara:
- Piranti-piranti pengenalan kata (word recognition) yang mampu merespon ucapan-ucapan secara individu atau perintah-perintah yang menggunakan teknik yang dikenal sebagai speaker verification. Pertama kali sistem akan membangkitkan suatu template untuk mengenali suara user
- b. Piranti pengenalan kalimat (speech recognition) yang mampu mengenali hubungan antar kata terucap didalam kalimat atau frase. Teknik-teknik statistik dipakai dalam hal pola perekaman suara yang akan dicocokkan dengan kata-kata terucap
Terdapat 2 kategori utama dari piranti masukan berbentuk suara:
- Piranti-piranti pengenalan kata (word recognition) yang mampu merespon ucapan-ucapan secara individu atau perintah-perintah yang menggunakan teknik yang dikenal sebagai speaker verification. Pertama kali sistem akan membangkitkan suatu template untuk mengenali suara user
- Piranti pengenalan kalimat (speech recognition) yang mampu mengenali hubungan antar kata terucap didalam kalimat atau frase. Teknik-teknik statistik dipakai dalam hal pola perekaman suara yang akan dicocokkan dengan kata-kata terucap
Pengenalan, Digitisasi, dan Penghasilan UcapanMacam-macamnya:
Discrete-word recognition
- Mengenali kata yang diucapkan orang satu per satu.
- Kehandalan 90-98% untuk kosakata 20-200 kata.
- Berguna jika:
- Tangan pembicara sibuk.
- Mobilitas diperlukan.
- Mata pembicara sibuk.
- Kondisi yang keras (di bawah air, perang) atau terkungkung (dalam kokpit) yang tidak memungkinkan pemakaian keyboard.
Speech recognition
- Mengenali kata-kata yang diucapkan secara normal.
- Harapan: pendiktean dokumen, transkripsi rekaman suara.
- Contoh: Dragon NaturallySpeaking, IBM ViaVoice.
Speech store and forward
— Penyimpanan dan pengiriman kembali pesan yang diucapkan.
— Voice mail bekerja handal, berbiaya rendah, dan disukai pemakai.
d) Speech generation
— Komputer menghasilkan ucapan.
— Disukai untuk keadaan tertentu
e) Audio tones, audiolization, music
— Umpan balik berupa suara (bukan ucapan).
— Audio tone: nada sebagai output komputer.
— Audiolization: presentasi informasi yang lebih kompleks dengan kombinasi suara.
Pengaruh Perangkat Interaktif
Pemakai sebuah komputer biasanya akan berlangsung dalam waktu yang
berorde jam, terutama bagi mereka yang menggunakan komputer sebagai alat
bantu kerja utama. Kita semua akan mengatakan setuju bahwa komputer
merupakan alat bantu kerja yang sangat canggih dan dapat mengurangi
beban rutinitas yang sering dijumpai oleh para pegawai kantor atau
siapapun juga.
Alat Output
Peralatan output adalah peralatan yang
digunakan untuk membawa data ke luar computer atau juga untuk memindah
data dari computer satu dengan yang lainnya.
Unit Output Terdiri Dari
- Hardcopy device , alat yang digunakan untuk mencetak tulisan (kata, angka, karakter khusus dan simbol-simbol lain) serta image (grafik atau gambar) pada media hard (keras) seperti kertas dan film
- Softcopy device, alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan (kata, angka, karakter khusus dan simbol-simbol lain) serta image (grafik atau gambar) yang berupa sinyal elektronik.
- Drive Devices, Berupa alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk hanya dapat di baca oleh mesin dan berfungsi sebagai alat input maupun alat output
- Hard Copy Devices
- pengertian printer, Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya.
Jenis jenis Printer
(1) Band Printer, Sebuah
printer baris yang menggunakan band metal, atau loop, karakter jenis
sebagai mekanisme pencetakan.Band ini berisi kumpulan karakter tetap
timbul yang hanya bisa diubah dengan mengganti band. Band ini berputar
horizontal sekitar satu set palu, satu untuk setiap kolom cetak. Ketika
karakter yang dibutuhkan dalam band ini berputar ke kolom cetak yang
dipilih, palu mendorong kertas itu ke dalam pita dan gambar timbul
terhadap surat itu, angka atau simbol.
Band printer dapat mencetak sampai dengan sekitar 2.000 lpm dan bisa
eksis dalam lingkungan industri yang sangat keras, meskipun mereka
sebagian besar digunakan di pusat data. Band printer dan line printer
matriks adalah dua garis hidup teknologi printer.
(2) Dot-matrix printer adalah
jenis yang paling umum dampak printer yang digunakan dengan komputer
pribadi. Sebuah dot-matrix printer menggunakan drum yang dipukul oleh
kepala cetak yang berisi titik-titik pin tempat itu di atas kertas.
Titik-titik ini dibentuk dalam bentuk surat, nomor atau karakter yang
diketik ke dalam dokumen. Kualitas dot-matrix printer hanya 240 dpi
(titik per inci).
(3) daisy-wheel printer
adalah serupa dengan bagaimana sebuah mesin ketik manual atau otomatis
fungsi. Ada roda logam atau plastik yang memiliki jari-jari terpisah
dalam bentuk angka, huruf atau karakter yang ditandai pada mereka. Jika
suatu halaman yang sedang dicetak, yang berbicara adalah printer memukul
pita dan membuat kesan di atas kertas. J daisy-wheel printer tidak
dapat mencetakgrafik dan tidak mampu jenis font yang berbeda tanpa
perubahan ke printer roda.
(4) Drum Printer, Printer ini alat cetaknya berupa silinder kaya drum. Biasanya printer ini di pake buat kasir.
(5) Suatu printer inkjet adalah beberapa
printer yang menempatkan tetesan kecil tinta untuk membuat gambar pada
kertas. Jika kamu pernah memperhatikan secarik kertas keluar dari
printer inkjet, kamu mengetahui bahwa:
- • Titiknya sangat kecil ( pada umumnya antara 50 dan 60 mikron dalam
garis tengah), sangat kecil bahwa mereka lebih kecil dibanding garis
tengah suatu rambut manusia ( 70 mikron)!
• Titik diposisikan dengan tepat, dengan resolusi di atas 1440×720 titik per inci (dpi).
• Titik dapat mempunyai warna berbeda mengkombinasikan bersama-sama untuk menciptakan gambaran dengan kualitas photo.
Dalam edisi Howstuffworks ini, kamu akan
belajar tentang berbagai bagian-bagian dari suatu printer inkjet dan
bagaimana bagian ini bekerja sama untuk menciptakan suatu gambaran. Kamu
juga belajar tentang cartridge tinta dan kertas yang khusus beberapa
inkjet penggunaan pencetak.
(6) Thermal printer: printer ini menggunakan
pin yang dipanaskan yang menekan kertas yang sensitif dengan panas.
Printer ini banyak digunakan pada kalkulator dan mesin faks.
(7) Laser: printer ini menggunakan teknologi yang sama dengan mesin fotokopi. Printer ini dapat menghasilkan teks dan grafik dengan kualitas yang sangat tinggi.
(8) Plotter digunakan untuk mencetak gambar ukuran yang cukup besar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan.
- Soft Copy Devices
- Monitor merupakan unit keluaran yang memberikan informasi kepada pengguna komputer. Tipe-tipe monitor yang sudah dikenal adalah.
(1) CGA (Color Graphic Adapter) Tipe monitor standar IBM yang mempunyai kualitas resolusi rendah. Monitor ini hanya mampu menampilkan 4 warna dalam mode grafis.
(2) EGA (Enhanced Graphic Adapter) EGA merupakan tipe monitor yang tingkatannya di atas CGA. Monitor ini mampu menampilkan 16 warna dalam mode grafis.
(3) EPGA (Enchanced Professional Graphic Adapter) Monitor ini mampu menampilkan 256 warna pada mode grafis. Monitor ini disebut juga sebagai monitor PEGA atau PGA
(4) VGA (Visual Graphic Adapter) VGA merupakan tipe monitor yang sekarang banyak digunakan. Gambar yang dihasilkan mempunya warna sampai jutaan. Mode grafisnya tampak lebih nyata di mata.
(2) EGA (Enhanced Graphic Adapter) EGA merupakan tipe monitor yang tingkatannya di atas CGA. Monitor ini mampu menampilkan 16 warna dalam mode grafis.
(3) EPGA (Enchanced Professional Graphic Adapter) Monitor ini mampu menampilkan 256 warna pada mode grafis. Monitor ini disebut juga sebagai monitor PEGA atau PGA
(4) VGA (Visual Graphic Adapter) VGA merupakan tipe monitor yang sekarang banyak digunakan. Gambar yang dihasilkan mempunya warna sampai jutaan. Mode grafisnya tampak lebih nyata di mata.
(5) LCD (Liquid Crystal Display) LCD
dikenal sebagai monitor flat atau latar data dengan resolusi rendah,
yang memiliki kemampuan menampilkan warna sampai jutaan. LCD menggunakan
persenyawaan cair yang mempunyai struktur molekul polar dan diapit oleh
dua elektode yang transparan
- AlphaNumerik Display, Alat ini hanya berfungsi untuk mena mpilkan alphabet aja
- 3. Projector adalah aplikasi stand-alone dari sebuah mevie yang kita buat pada director
- C. Drive Devices
- 1. Harrdisk, Alat ini berfungsi untuk menyimpan data secara permanen alat ini dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar yang terintegras
- 2. CD,Sebuah Tempat penyimpanan data dima data disimpan dengan cara mengunakan optik dengan menyemprotkan sinar infra red ke piringan cd
- D. Speaker, Pengeras suara atau speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke suara dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput. Dalam setiap sistem penghasil suara, penentuan kualitas suara terbaik tergantung dari speaker. Sistem pada speaker adalah suatu komponen yang membawa sinyal elektronik, menyimpannya dalam CDs, tapes, dan DVDs, lalu mengembalikannya lagi ke dalam bentuk suara aktual yang dapat didengar. Pada dasarnya, speaker merupakan mesin penterjemah akhir, kebalikan dari mikrofon. Speaker membawa sinyal elektrik dan mengubahnya kembali menjadi getaran untuk membuat gelombang suara. Speaker menghasilkan getaran yang hampir sama dengan yang dihasilkan oleh mikrofon yang direkam dan dikodekan pada tape, CD, LP, dan lain-lain. Speaker tradisional melakukan proses ini dengan menggunakan satu drivers atau lebih.
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar