Owner : Yudira Revima
Pin : 24D91932
Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan
Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang

Media Pendidikan : Media Proyeksi

Diposkan oleh Yudira Revima on Selasa, 27 November 2012

Kali ini Catatan Yure akan mencoba lebih lanjut menerangkan tentang Media pembelajaran yakni media proyeksi.Media Proyeksi merupakan salah satu media yang terklasifikasi pada media visual. Media ini memberikan rangsangan-rangsangan visual yaitu melalui indera penglihatan. Media ini langsung berinteraksi dengan pesan yang ingin disampaikan. Masksud pesan disini tentu saja materi pelajaran yang akan disampaikan. Jadi dengan media proyeksi, materi tersebut dapat terserap dengan baik.

Dengan menggunakan proyektor, informasi yang akan disampaikan dapat diproyeksikan ke layar, sehingga informasi berupa: tulisan, gambar, bagan dll akan menjadi lebih besar dan lebih jelas dilihat oleh siswa. Penggunaan media proyeksi ini lebih menguntungkan, sebab indera pendengaran dan penglihatan akan sama-sama diaktifkan melalui sebuah media transparansi yang telah disiapkan. Yang dimaksud dengan gambar mati (still picture) adalah berupa: gambar, foto, diagram, tabel, ilustrasi dll, baik berwarna ataupun hitam = putih yang relatif berukuran kecil, agar gambar tersebut dapat dilihat atau disaksikan dengan jelas oleh seluruh siswa di dalam kelas dengan jalan diproyeksikan ke suatu layar (screen) .

Beberapa media yang termasuk kedalam media proyeksi diam diantaranya adalah:
    1. Film Bingkai
Film bingkai adalah suatu film positif baik hitam putih ataupunberwarna yang berukuran 35 mm, dan umumnya dibingkai dengan ukuran 2 x 2 inchi. Untuk melihatnya perlu ditayangkan dengan proyektor slide.
    1. Film Rangkai
Film rangkai hampir sama dengan film bingkai, bedanya pada film rangkai frame atau gambar tidak memerlukan bingkai dan merupakan rangkaian berurutan dari sebuah film atau gambar tertentu. Jumlah gambar pada 1 rol film rangkai adalah sekitar 50 sampai dengan 75 gambar dengan panjang kurang lebih 100 sampai dengan 130 cm tergantung pada isi film itu. Film rangkai dapat mempersatukan berbagai media pembelajaran yang berbeda dalam satu rangkai sehingga cocok untuk mengajarkan keterampilan, penyimpanannya mudah serta dapat digunakan untuk bahan belajar kelompok atau individu.

    1. OHT
Over Head Transparancy (OHT) adalah media visual proyeksi, dibuat di atas bahan transparan, biasanya film acetate atau plastik berukuran 8,5 x 11 inchi. Media ini memerlukan alat khusus untuk memproyeksikannya yang dikenal dengan sebutan Over Head Projector (OHP). 

    1. Opaque Projektor
Projektor yang tak tembus pandang, karena yang diproyeksikan bukan bahan transparan tetapi bahan-bahan yang tidak tembus pandang (opaque). Kelebihan media ini sebagai media pembelajaran adalah bahwa bahan cetak pada buku, majalah, foto, grafis, bagan atau diagram dapat diproyeksikan secara langsung tanpa dipindahkan ke permukaan transparansi terlebih dahulu. 

    1. Mikrofis
Mikrofis adalah lembaran film transparan yang terdiri atas lambang-lambang visual yang diperkecil sedemikian sehingga tidak dapat dibaca dengan mata telanjang. 

  1. Media Proyeksi Gerak dan Audio Visual
Beberapa jenis media yang masuk dalam kelompok ini adalah:

a. Film gerak
Film gerak merupakan sebuah media pembelajaran yang sangat menarik karena mampu mengungkapkan keindahan dan fakta bergerak dengan efek suara, gambar dan gerak, film juga dapat diputar berulang-ulang sesuai dengan kebutuhan

b. Film gelang
Film gelang atau film loop adalah jenis media yang terdiri atas film berukuran 8 mm dan 16 mm yang ujung-ujungnya saling bersambungan sehingga film ini akan berulang terus menerus jika tidak dimatikan.

c. Program TV
Televisi merupakan media menarik dan modern karena merupakan bagian dari kebutuhan hidupnya. Televisi dapat menjadi sebuah media pembelajaran yang menarik dalam menyampaikan pesan-pesan pembelajaran secara audio visual dengan disertai unsur gerak.

d. Video
Pesan yang disajikan dalam media video dapat berupa fakta maupun fiktif, dapat bersifat informatif, edukatif maupun instruksional

C. Keunggulan dan Kelemahan

- Keunggulan :
  1. Dapat digunakan untuk menyajikan pesan di semua ukuran ruangan kelas.
  2. Menarik, karena memungkinkan penyajian yang variatif dan disertai dengan warna-warna yang menarik.
  3. Tatap muka dengan siswa selalu terjaga dan memungkinkan siswa untuk mencatat hal-hal yang penting.
  4. Dapat digunakan berulang-ulang
  5. Membantu menimbulkan pengertian dan ingatan yang kuat pada pesan yang disampaikan dan dapat dipadukan dengan unsur suara.
  6. Merangsang minat dan perhatian siswa dengan warna dan gambar yang kongkrit.
  7. Program slide mudah direvisi sesuai dengan kebutuhan
  8. Memiliki variasi program yang cukup banyak.
  9. Sifatnya mobile, karena mudah dipindah-pindah tempat dan gelombangnya.
  10. Baik untuk mengembangkan imajinasi siswa.
  11. Dapat lebih memusatkan perhatian siswa terhadap kata, kalimat atau musik, sehingga sangat cocok digunakan untuk pengajaran bahasa.
  12. Jangkauannya sangat luas, sehingga dapat didengar oleh massa yang banyak.
- Kelemahan
  1. Kadangkala terjadi distorsi gambar dan warna akibat kerusakan atau gangguan magnetik.
  2. Pembuatannya memerlukan banyak waktu dan tenaga.
  3. Memerlukan operator khusus untuk mengoperasikannya.
  4. Memerlukan penggelapan ruangan
  5. Jika siarannya monoton akan lebih cepat membosankan siswa untuk mendengarkannya.
  6. Memerlukan penggelapan ruangan untuk memproyeksikannya.
  7. Pembuatannya memerlukan waktu yang cukup lama, jika program yang dibuatnya cukup panjang.
  8. Memerlukan biaya yang boleh dikatakan besar.
  9. Hanya dapat menyajikan gambar yang diam (geraknya terbatas walaupun dengan menggunakan lebih dari sebuah proyektor.
  10. Memerlukan perencanaan yang matang dalam pembuatan dan penyajiannya.
D. Peranan Media Proyeksi dalam Pembelajaran Bahasa 

Pada bagian atas sudah dijelaskan dengan penuh pemaparan yang sangat mendalam tentang media proyeksi. Melihat dari apa pengertian dari media proyeksi itu sendiri, klasifikasinya serta keunggulan dan kelemahannya, sudah tidak dapat diragukan lagi bahwa media proyeksi sangat membantu dan merupakan solusi yang tepat untuk dapat menghidupkan proses pembelajaran terutama pembelajaran bahasa. Bahasa apapun khususnya bahasa Arab yang mana memerlukan media yang dapat menarik dan meningkatkan pemahaman siswa tentang materi pembelajaran bahasa tersebut.

 

{ 2 komentar... read them below or add one }

Selestinus Benny mengatakan...

wah mantap..tanks materinya kunjung balik ya Disini

Nosta Perlin Nazara mengatakan...

Terima kasih potingannya. Kebanyakan buku Media Pembelajaran tidak membahas Media yang diproyeksikan ini dengan terperinci. Like to see u at www.sodelenago.net

Poskan Komentar

Entri Populer