Terima Kasih Sudah Berkunjung Ke BLOG Saya
Mohon Tinggalkan Komentar & Silahkan Ikuti BLOG Saya.

Kualitas Pengajaran

Diposting oleh catatan yure on Senin, 03 Desember 2012

SUDAH PROFESIONALKAH KITA ?

A. Kualitas Pengajaran

Tenaga pengajar menghadapi tuntutan pasar kerja (labour market) pada era sekarang ini dan profesi yang jauh lebih kompleks dibanding beberapa dekade sebelumnya.Berbagai perubahan yang ada menyebabkan para tenaga pengajar harus melakukan update dan upgrade kualifikasi pengajaran dan kompetensi yang dimiliki,dan disisi lain pengajaran di Indonesia harus diselamatkan dari krisis.

Setidaknya terdapat 3 Faktor yang mendorong dan mengharuskan update dan upgrade kualifikasi pengajaran dan kompetensi pengajaran,yakni :
  • Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi
  • Menyiapkan peserta didik dengan kemampuan menghadapi persaingan global.
  • Mewujudkan teacher leaders teknologi komunikasi dengan informasi yang berkembang dengan akselerasi yang sulit terbendung.
Perangkat teknologi informasi dan komunikasi model lama bergeser dan perlahan lahan ditinggalkan konsumen,untuk mewujudkannya beralihlah ke teknologi yang serba modern dan canggih.Hal ini tentunya berakibat peserta didik telah mampu berkomunikasi menggunakan perangkat teknologi yang serba canggih dan modern.

Peserta didik telah akrab dengan media virtual yang menyajikan beragam informasi secara detail dan mendalam.Peserta didik mempunyai pengetahuan dan pengalaman yang jauh melebihi dibandingkan dengan sebayanya pada masa masa sebelum mereka,bahkan tidak jarang pengetahuan mereka melebihi pengetahuan tenaga pengajar.

Tenaga pengajar tentunya harus mampu mengikuti perkembangan ini,apabila tidak ingin tertinggal jauh oleh perkembangan zaman sekarang ini.Jika tenaga pengajar tidak mengikuti mekanisme dan pola penyebaran informasi yang sedemikian cepat maka akan terpuruk secara profesional dan akan kehilangan kepercayaan dari peserta didik.

Tenaga pengajar harus berfikir secara aktif dan proaktif ,karena tenaga pengajar harus mampu melakukan pembaruan ilmu dan pengetahuan yang dimiliki secara terus menerus.Untuk itu diperlukan daya dukung dalam bentuk hardware dan software yang berupa program - program,serta brainware,sumber daya manusia (tenaga pengajar).

B. Mutu Tenaga Pengajar

Peranan tenaga pengajar di Indonesia makin signifikan di tengah keterbatasan sarana dan prasarana pembelajaran.Urgensi mutu tenaga pengajaran juga berdampak pada negara berkembang bahkan dinegara industri maju sekalipun.

Nah,itulah sedikit Ulasan mengenai kualitas pengajaran yang di share oleh YURE sendiri.Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua dan dapat diterapkan pada kehidupan sehari hari.Catatan Yure juga berharap semoga kita dapat menjadi tenaga pengajar yang baik tentunya.Sekian Terima Kasih

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Entri Populer